Manfaat Bawang Putih Di Tengah Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
Manfaat Bawang Putih Di Tengah Pandemi Covid-19

Britanusanatara.com – Banyak hal yang dapat di lakukan untuk meningkatkan sistem imun tubu mulai dari olahraga, mengkonsumsi makanan yang tepat ataupun mengkonsumsi vitamin atau suplemen. Asupan menjadi hal penting di tengah pandemi virus Corona penyebab COVID-19. Salah satu yang dianggap memiliki khasiat adalah bawang putih.

Masuk umbi-umbian dengan nama latin Allium sativum, bawang putih dipercaya mampu membantu meningkatkan stamina jika dikonsumsi secara rutin. Hal ini bisa membantu pasien COVID-19.

Muat Lebih

Pasalnya, pasien yang terinfeksi Corona terkadang kurang bertenaga dan selalu merasa lelah.

Namun, perlu ditegaskan, bawang putih belum teruji secara klinis bisa menyembuhkan COVID-19.

Sebelumnya tersiar kabar, bawang putih bisa menyembuhkan pasien dari COVID-19. Dilansir dari situs resmi Kominfo, klaim tentang bawang putih bisa menyembuhkan COVID-19 tersebut, telah dibuktikan sebagai berita bohong.

Bawang putih belum terbukti ampuh dapat menyembuhkan pasien yang terinfeksi virus Corona.

Sejauh ini, rutin mengonsumsi bawang putih dipercaya membantu meningkatkan stamina, yang mana dalam kondisi sekarang, bisa mungkin membantu pasien COVID-19.

Bawang putih juga memiliki segudang manfaat lain, seperti menurunkan tekanan darah, tingkat kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, serta memperbaiki sirkulasi darah, dan menjauhkan risiko penyakit jantung.

Beragam penelitian pernah dilakukan untuk menelusuri manfaat bawang putih bagi kesehatan. Dilansir dari laman Hello Sehat, bawang putih diperkaya oleh senyawa sulfur aktif seperti alliin, allyl propyl disulfide, dialil disulfida, dan dialil trisulfida.

Zat-zat sulfur tersebut akan bereaksi membentuk allicin. Bawang putih, rempah dengan aroma dan rasa yang khas ini, memiliki senyawa khusus yang dapat menunjang kesehatan manusia.

Selain zat-zat sulfur yang terkandung, ada senyawa lain yang dimiliki bawang putih, seperti vitamin B6, selenium, dan vitamin C.

Foto: Google.com

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, manfaat yang diberikan dari bawang putih, selain memberikan tenaga pada penderita COVID-19.

1. Mengatasi Pilek, Radang, dan Batuk

Selama ini bawang putih dikenal sebagai satu di antara tambahan bumbu masakan. Ada manfaat lain yang diberikan oleh bawang putih.

Bawang putih mengandung senyawa aktif allicin yang mampu mampu memperkuat daya tahan tubuh. Mengonsumsi bawang putih terbukti ampuh membunuh berbagai bakteri penyebab penyakit, seperti pilek, flu, batuk, dan radang tenggorokan.

Dalam penelitian menyatakan bahwa, orang yang rutin mengonsumsi bawang putih sebagai obat alami mengatasi flu, lebih cepat dalam proses penyembuhan dibandingkan yang tidak mengonsumsi bawang.

2. Mencegah Kanker

Bawang putih mampu memberikan efek melawan aktivitas sel kanker di dalam tubuh. Hal itu didukung dengan sifat antikanker yang ada dalam bawang putih.

Jika Anda mengonsumsi bawang putih memiliki risiko rendah terkena kanker usus besar dan kanker lambung.

National Cancer Institute merekomendasikan agar Anda bisa mengonsumsi bawang putih utuh daripada menggunakan suplemen diet bawang putih.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Dengan mengonsumsi sekitar 10 gram bawang putih mentah telah terbukti bisa mencegah kolesterol tinggi (LDL) dalam dua bulan. Senyawa allicin yang ada dalam bawang putih mampu menghambat enzim yang berperang dalam pembuatan kolesterol.

Selain itu, bawang putih yang diolah menjadi ekstrak dipercaya mampu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi dan dapat melebarkan pembuluh darah serta mengendurkan otot halus.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat selanjutnya bawang putih adalah menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi ekstrak dari bawang putih berpotensi memberikan efek perlindungan bagi kesehatan jantung.

Bawang putih memberikan efek pengencer darah dan melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Bawang putih juga dipercaya bisa mengatur ritme jantung dan melindungi dari gumpalan darah karena kandungan zat besi yang ada di dalamnya

5. Memberikan Energi Pada Tubuh

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *