Beberapa Virus Mematikan Asal China, Selain Virus Corona

  • Whatsapp
Beberapa Virus Mematikan Asal China, Selain Virus Corona

Britanusantara.com – Dunia saat kini sedang dilanda kecemasan yang luar biasa. Setiap negara sedang wanti-wanti dengan turis atau pelancong dari China, pasalnya virus mengerikan layaknya virus Zombie yang mengganas itu terindentifikasi berasal dari negeri tirai bambu itu. Alhasil setiap orang yang menginjakkan kaki di sana beberapa bulan belakangan ini dan kembali ketanah air harus di karantina.

Virus yang menyerupai flu itu, benar-benar sangat berbahaya. Sudah ratusan nyawa melayang karenanya. Para petinggi Dunia kasak kusuk, berusaha menjaring agar virus itu tidak menyebar ke Negara mereka. ( Entah kalau di Indonesia 😓)

Muat Lebih

Di Indonesia sendiri beberapa orang sudah terjangkit virus itu. Rata-rata mereka yang terkena sang virus karena sebelumnya melakukan perjalanan ke China. Virus itu ibarat wabah zombie atau vampir yang hanya di cerita-cerita belaka, satu orang yang kena, makan ia akan menyebar ke yang lainnya. Mengerikan ya…

Penyebab lahirnya virus ini kabarnya karena kebiasaan masyarakat di China sana, atau tepatnya kota Wuhan, yang sangat suka mengkonsumsi makanan yang tidak biasa. Seperti hewan-hewan yang kalau mendengar saja perut Indonesia seperti kita akan mendadak mual.

Sebut saja, tikus babi, anjing, kelelawar, ular, biawak dan mungkin berbagai hewan tak biasa lainnya yang tak patut di konsumsi. Ditambah lagi banyaknya kandang hewan liar, dan kebiasaan masyarakat di sana yang buang kotoran sembarangan, sangat diyakini menjadi pencetus utama virus ini.

China memang terkenal dengan kebiasaan-kebiasaan mereka yang tidak lumrah bagi sebagian masyarakat negara lainnya. Tak heran kalau virus Corona lahir dari sana, akan tetapi negara luar juga ikut terkena imbasnya, menandakan kalau virus itu bukanlah sesuatu yang bisa dianggap remeh. Entah seperti apa bakteri-bakteri jahat yang terkandung di dalamnya sehingga mampu melenyapkan nyawa dalam hitungan menit.

Sebenarnya, virus corona bukanlah virus mematikan pertama yang berasal dari China, ada beberapa virus berbahaya lainnya yang sebelumnya juga diklaim berasal dari negeri tirai bambu itu.

Berikut beberapa virus berbahaya itu:

SARS

Foto: Google.com

Virus Sars yang menyebar pada tahun 2002 diklaim pertama kali berasal dari China Selatan. Penyakit yang biasanya menginfeksi kelelawar dan musang.

Nah, karena masyarakat China ini suka mengkonsumsi kelelawar dan musang, jadilah mereka terinfeksi juga. Alhasil virus ini menyebar.

Virus SARS setidaknya telah memakan korban, 8. 039 yang terinfeksi, 774 kematian. Uniknya, selama berbulan-bulan sejak vurus itu merebak, pemerintah setempat melarang siapapun memberitahu WHO. Tapi akhirnya mereka bertindak jua, dan SARS dapat dikendalikan.

H5N1( flu burung)

Foto: Google.com

Ternyata virus yang begitu ditakuti ini ternyata berasal dari China juga. Penyakit ini memang biasanya menyebar secara alami terhadap unggas-unggas liar. Yang tidak biasanya adalah masyarakat di sana sangat berkontraksi dengan unggas liar itu. Alhasil virus ini juga menyebar antara manusia.

Ditambah masyarakat di sana suka sekali mengkonsumsi unggas-unggas liar.

Pertama kali terdeteksi menyerang manusia pada tahun, 1997 di Hongkong, Virus ini juga mulai menyebar ke berbagai negara lainnya. Diketahui penyakit ini menewaskan 425 jiwa dari seluruh dunia.

Mengerikan ya Agan dan Sista. Ternyata virus-virus berbahaya itu semuanya berasal dari China. Entah memang karena kebiasaan buruk masyarakat atau karena ada faktor lain.

Yang penting di saat-saat mencemaskan seperti ini, sebaiknya kita tidak menambah derita mereka dengan menghujat. Mari berdoa agar masalah virus ini cepat terselesaikan, dan kita beserta sanak saudara sama-sama terhindar dari penyakit itu

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *